Belajar Tata Bahasa Korea : Bentuk Akan 3 ( 을 / ㄹ 게요 )

Sebenarnya saya sendiri belum pernah mempelajari rumusan tata bahasa korea bentuk akan 을 / ㄹ 게요 secara formal, entah ketika di bangku sekolah ataupun lewat buku panduan. Saya hanya mengamati dari percakapan sehari hari orang korea di sini dan drama korea yang tentunya juga sering anda sekalian tonton di layar televisi Indonesia. Kalau berdasarkan hasil pengamatan saya selama ini, saya menafsirkan rumusan tata bahasa korea bentuk 을 / ㄹ 게요 ini di gunakan untuk mengungkapkan suatu perbuatan yang akan datang tetapi dilakukan saat itu juga ketika subjek usai melakukan percakapan dengan lawan bicara atau senggang waktu yang ada tidak lama, dan bentuk ini sifatnya lebih tepat dalam bentuk percakapan , kurang tepat bila bentuk ini di ungkapkan sebagai cerita ( narasi ) atau dalam bentuk tulisan yang berupa pernyataan .

Contoh kecil saja, Juyoeng hendak pergi ke kantor dan ia berpamitan kepada anak istrinya, maka juyoeng berkata : ” ” Saya berangkat kerja / 나 갈게요 / na gal keyo ” maksud dari kalimat di atas adalah => Saya akan berangkat kerja sekarang juga, dan juyoeng pun dalam waktu itu juga meninggalkan rumah menuju kantor.

Sekarang kalau di lihat dari rumusan tata bahasanya, bentuk ini di pengaruhi oleh ada tidaknya badchim, kalau ada badchim => P + 을 게요, sedangkan bila tanpa badchim => P + ㄹ 게요 , atau kalau kita gambarkan secara simbolis adalah seperti ini => Badchim ( o/x ) => P + 을 / ㄹ 게요, contoh :

I . Bentuk badchim ada => P + 을게요

  1. 읽다 ( ilgda / membaca ) => 다 hilang , P + 을게요 => 읽을게요 ( ilgeulgeyo / akan membaca )
  2. 먹다 ( moegda / makan ) => 다 hilang , P + 을게요 => 먹을게요 ( moegeulgeyo / akan makan )
  3. 닫다 ( dadda / menutup ) => 다 hilang , P + 을게요 => 닫을게요 ( daddeulgeyo / akan menutup )
  4. 받다 ( badda / menerima ) => 다 hilang , P + 을게요 => 받을게요 ( badeulgeyo / akan menerima )
  5. 벗다 ( boetda / melepas ) => 다 hilang , P + 을게요 => 벗을게요 ( boeseulgeyo / akan melepas )
  6. 만들다 (  mandeulda / membuat ) => 다 hilang , P + 을게요 => Karena badchim ” ㄹ ” termasuk badchim spesial maka => 만들게요 ( mandeulgeyo / akan membuat )

II. Bentuk tanpa badchim => P + ㄹ게요
  1. 성공하다 ( soenggonghada / sukses ) => 다 hilang , P + ㄹ게요 => 성공할게요 ( soenggonghalgeyo / akan sukses )
  2. 사랑하다 ( saranghada / mencintai ) => 다 hilang , P + ㄹ게요 => 사랑할게요 ( saranghalgeyo / akan mencintai )
  3. 사다 ( sada / membeli ) => 다 hilang , P + ㄹ게요 => 살게요 ( salgeyo / akan membeli )
  4. 화나다 ( hwanada / marah ) => 다 hilang , P + ㄹ게요 => 화날게요 (  hwanalgeyo / akan marah )
  5. 회복되다 ( hwebogdweda / sembuh ) => 다 hilang , P +ㄹ게요 => 회복될게요 ( hwebogdwelgeyo / akan sembuh )
  6. 자다 ( jada / tidur ) => 다 hilang , P + ㄹ게요 => 잘게요 ( jalgeyo / akan tidur )
  7. 일어나다 ( iroenada / bangun ) => 다 hilang , P + ㄹ게요 => 일어날게요 (  iroenalgeyo / akan bangun )

Karena terbatasnya dasar yang saya miliki untuk bentuk ini, jadi saya tidak bisa menjelaskan panjang lebar atau lebih rincinya bentuk ini, begitu juga contoh contohnya. Kalau pun saya berikan ulasan contoh dalam bentuk kalimatnya, yang ada juga hanya beberapa kata saja, karena bentuk ini memang pendek atau hanya satu kata dua kata dalam kesehariannya, seperti halnya bentuk akan 겠습니다 . Jadi mungkin penjelasan di atas semoga bisa mewakili beberapa contoh lainnya. Tujuan saya menuliskan rumusan tata bahasa korea bentuk 을 / ㄹ 게요 di sini tak lain hanya untuk memperkenalkanya saja, guna tidak asing kalau saja mendengar ungkapan seperti di atas meskipun sebenarnya dalam keseharian atau kenyataannya bentuk 을 / ㄹ 게요 ini sangat sering saya dengar dan sangat sering di gunakan termasuk saya sendiri.

Posting Komentar

Pembaca yang baik adalah pembaca yang selalu meninggalkan komentar dan masukan agar saya bisa introspeksi dan menjadikan blog ini lebih maju.